Ternyata dalam kehidupan
kita sehari-hari dapat dikatakan sebagai organisasi. Organisasi itu pada
dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang dapat
berkumpul dan bekerjasama dalam berbagai hal. Dengan adanya organisasi
segala sesuatu yang direncanakan akan berjalan dengan baik dan penyelesaian
masalah akan lebih efektif.
Organisasi itu sangat
penting dalam hidup bermasyarakat untuk mengatur dan mengorganisasikan
kegiatannya dalam suatu kerjasama untuk mencapai suatu tujuan tertentu
yang telah ditetapkan dengan kata lain manusia hidup didunia tidak dapat
sendiri melainkan membutuhkan orang lain untuk saling tolong menolong.
Secara garis besar
organisasi mempunyai tiga unsur yaitu orang-orang, kerjasama dan tujuan
bersama-sama. Ketiga ketiga unsur tersebut saling berhubungan dan merupakan
satu kesatuan. Macam-macam organisasi dari segi tujuan yang hendak dicapai
dibedakan menjadi organisasi niaga atau ekonomi dan organisasi sosial atau
organisasi kemasyarakatan. Sedangkan organisasi regional dan internasional
adalah macam organisasi menurut luas wilayah.
Apa sih ciri-ciri dari sebuah organisasi ???. Adapun ciri-ciri dari organisasi adalah :
Apa sih ciri-ciri dari sebuah organisasi ???. Adapun ciri-ciri dari organisasi adalah :
- Adanya kompenen, yang dimaksud kompenen disini adalah adanya atasan dan bawahan
- Adanya kerjasama, yaitu coorperative yang berstruktur dari sekelompok orang.
- Adanya tujuan yang jelas
- Adanya sasaran
- Adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati.
- Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas
- Dan yang palin terpenting adanya komunikasi antar suatu anggota dengan anggota yang lain.
Kenapa dikatakan
penting, karena agar tidak terjadi salah paham dengan anggota lain dalam
berorganisasi. Dalam berorganisasi pun kita akan dihadapkan oleh berbagai
masalah atau konflik antar anggota, misalnya karena ada perbedaan pendapat,
sesuatu hal yang tidak disenangi oleh salah satu anggota, hal-hal tersebut
dapat menyebabkan konflik bahkan sampai berkepanjangan.
Apa itu
konflik?? Konflik adalah segala macam interaksi pertentangan atau
antogonistik antara dua atau lebih pihak. Sebenarnya konflik dalam berorganisasi
dapat diatasi tanpa perlu melakukan tindakan kekerasan. Untuk menyelesaikan
konflik yang terjadi pimpinan dapat melakukan tindakan alternatif seperti
diskusi, musyawarah, dan kompromi mungkin hal-hal tersebut dapat meredakan
suatu konflik yang sedang terjadi. Selain itu dalam berorganisasi sangat
dibutuhkan adanya komunikasi, hal ini sangatlah penting.
Arti kumunikasi itu
sendiri adalah suatu proses penyampaian informasi dan pengertian dari satu
orang ke orang yang lain. Semua masalah yang timbul dalam organisasi akan
segera dapat diatasi apabila komunikasi yang berlangsung dalam organisasi dapat
berjalan dengan baik. Komunikasi dalam organisasi akan berjalan dengan baik
apabila arus informasi dalam organisasi tidak menghadapi hambatan. Pimpinan
organisasi membutuhkan informasi yang cepat dan tepat . Oleh karena itu
komunikasi merupakan suatu bidang yang sangat penting dalam organisasi.
0 comments:
Post a Comment