Rangkuman Teori organisasi Umum

by 9:58 AM 0 comments

      Ternyata dalam kehidupan kita sehari-hari dapat dikatakan sebagai organisasi. Organisasi itu pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang  dapat berkumpul dan bekerjasama  dalam berbagai hal. Dengan adanya organisasi segala sesuatu yang direncanakan akan berjalan dengan baik dan penyelesaian masalah akan lebih efektif.

Organisasi itu sangat penting dalam hidup bermasyarakat untuk  mengatur dan mengorganisasikan kegiatannya dalam suatu kerjasama untuk  mencapai suatu tujuan tertentu yang telah ditetapkan dengan kata lain manusia hidup didunia tidak dapat sendiri melainkan membutuhkan orang lain untuk saling tolong menolong.
Hal tersebut yang mendasari manusia untuk hidup dalam berorganisasi dimana pun mereka berada
Secara garis besar organisasi mempunyai tiga unsur yaitu orang-orang, kerjasama dan tujuan bersama-sama. Ketiga ketiga unsur tersebut saling berhubungan dan merupakan satu kesatuan. Macam-macam organisasi dari segi tujuan yang hendak dicapai dibedakan menjadi organisasi niaga atau ekonomi dan organisasi sosial atau organisasi kemasyarakatan. Sedangkan organisasi regional dan internasional adalah macam organisasi menurut luas wilayah.

Apa sih ciri-ciri dari sebuah organisasi ???.  Adapun ciri-ciri dari organisasi adalah :
  1. Adanya kompenen, yang dimaksud kompenen disini adalah adanya atasan dan bawahan
  2. Adanya kerjasama, yaitu coorperative yang berstruktur dari sekelompok orang.  
  3. Adanya tujuan yang jelas  
  4. Adanya sasaran
  5. Adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati.
  6. Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas
  7. Dan yang palin terpenting adanya komunikasi antar suatu anggota dengan  anggota   yang lain. 

Kenapa dikatakan penting, karena agar tidak terjadi salah paham dengan anggota lain dalam berorganisasi. Dalam berorganisasi pun kita akan dihadapkan oleh berbagai masalah atau konflik antar anggota, misalnya karena ada perbedaan pendapat, sesuatu hal yang tidak disenangi oleh salah satu anggota, hal-hal tersebut dapat menyebabkan konflik bahkan sampai berkepanjangan.

      Apa itu konflik?? Konflik adalah segala macam interaksi pertentangan atau antogonistik antara dua atau lebih pihak. Sebenarnya konflik dalam berorganisasi dapat diatasi tanpa perlu melakukan tindakan kekerasan. Untuk menyelesaikan konflik yang terjadi pimpinan dapat melakukan tindakan alternatif seperti diskusi, musyawarah, dan kompromi mungkin hal-hal tersebut dapat meredakan suatu konflik yang sedang terjadi. Selain itu dalam berorganisasi sangat dibutuhkan adanya komunikasi, hal ini sangatlah penting. 


     Arti kumunikasi itu sendiri adalah suatu proses penyampaian informasi dan pengertian dari satu orang ke orang yang lain. Semua masalah yang timbul dalam organisasi akan segera dapat diatasi apabila komunikasi yang berlangsung dalam organisasi dapat berjalan dengan baik. Komunikasi dalam organisasi akan berjalan dengan baik apabila arus informasi dalam organisasi tidak menghadapi hambatan. Pimpinan organisasi membutuhkan informasi yang cepat dan tepat . Oleh karena itu komunikasi merupakan suatu bidang yang sangat penting dalam organisasi.


Unknown

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 comments:

Post a Comment